Perangkat Lunak Proxy

24 06 2009

Kunci utama keberhasilan penggunaan secara bersama-sama sebuah saluran komunikasi khususnya dial-up ke Internet oleh beberapa komputer secara simultan adalah pada perangkat lunak proxy yang digunakan pada PC gateway. Ada banyak software proxy yang dapat digunakan untuk kebutuhan ini. Pada kesempatan ini saya akan mencoba menjelaskan penggunaan perangkat lunak Wingate pada PC gateway. Wingate adalah salah satu software proxy pada Windows yang cukup baik kinerja-nya pada saat tulisan ini di tulis.Tampak pada gambar di samping adalah tampilan Wingate pada saat kita aktifkan. Beberapa servis yang dapat dilayani oleh software proxy yang dijalankan oleh Wingate dapat dilihat. Perangkat  lunak Wingate dapat di ambil di Internet melalui berbagai tempat untuk mendownload shareware seperti http://www.download.com atau http://www.shareware.com . Dengan menggunakan keyword wingate, maka perangkat lunak tersebut dapat ditemukan dan di download.

Pengaktifan Perangkat Lunak Proxy Wingate

Jika kita telah menginstall Wingate maka sebetulnya Wingate dapat di operasikan di background tanpa perlu di kendalikan oleh operator. Hanya untuk operasi sebuah warung Internet umumnya operator perlu memonitor aktifitas jaringan, misalnya untuk melihat berapa lama sebuah komputer tersambung ke Internet agar dapat menghitung biaya pemakaian.  Untuk melakukan monitoring maka operator perlu memasukan password administrator Wingate dari fasilitas Gatekeeper yang diberikan oleh Wingate. Tampak pada gambar adalah window untuk proses authentikasi. Baru setelah password administrator yang benar dimasukan, maka kita dapat masuk ke Wingate dan memonitor apa-apa yang perlu dimonitor. Selanjutnya yang mungkin perlu di setup agar software proxy dapat berjalan dengan baik adalah setup dial-up dari Wingate. Fasilitas setup dialer ada pada menu system pada Wingate. Jika menu dialer kita klik maka akan tampak window seperti pada gambar di samping. Beberapa kemampuan yang dapat dilakukan pada menu dialer ini antara lain adalah:

  • Wingate dapat memiliki dua buah sambungan ke Internet, jika yang pertama gagal maka hubungan akan dilakukan melalui sambungan yang ke dua.
  • Hubungan / komunikasi dapat diputuskan oleh klien jika tidak ada kebutuhan hubungan ke Internet. Hal ini penting untuk menghemat pulsa telepon.

Setelah sambungan ke Internet terjadi maka Wingate sebetulnya dapat digunakan untuk gateway proxy bagi komputer-komputer klien yang tersambung melalui LAN.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: