Membuat Dokumen PDF

30 06 2009

Fleksibilitas file PDF (Portable Document Format) makin dikenal. Di sini, Anda bisa mempertukarkan dan membuka aneka jenis dokumen mulai dari dokumen tulisan, spreadsheet, sampai halaman web  tanpa harus menginstall banyak program yang terkait. Jadi asalkan dokumen-dokumen tersebut sudah dibuat dalam format PDF,  maka filenya bisa dibaca memakai satu aplikasi saja, yakni Adobe Reader. Tidak hanya itu, file jenis ini juga dapat diakses via browser. Anda bisa membuat dokumen PDF dari mana saja. Tak perlu bantuan program pembuat khusus seperti Adobe Acrobat. Cukup install saja software PDF printer. Bagi yang belum tahu, perangkat lunak ini berfungsi sebagai printer virtual dengan output bukan dalam bentuk cetakan, melainkan dokumen PDF. Jika menggunakannya, Anda bisa membuat dokumen PDF dari aplikasi dan format file apa saja selama masih berada dalam sistem operasi Windows.  Tertarik membuat dokumen PDF sendiri? Pilihannya sangat banyak, termasuk yang gratisan. Salah satunya adalah PDF Printer buatan Bullzip.com berikut ini (bisa di-download secara cuma-cuma di http://www.bullzip.com). Tapi sebelum di-install, file berbentuk ZIP dengan ukuran 3,9MB tersebut harus Anda ekstraksi dulu. Lalu bagaimana menggunakannya?

Begini panduan pakainya.

1. Klik-dobel file hasil ekstrak dari file yang telah Anda download tadi. Saat muncul boks wizard instalasi, klik tombol [Install] dan ikuti proses pengisntalan. Pada sesi terakhir instalasi, program akan meminta Anda untuk men-download GhostScript dari situs resminya. Klik [OK] dan pastikan koneksi Internet telah terpasang. Ikuti instalasi sampai selesai.

2. Setelah Anda mengklik [Finish], akan muncul jendela Printer and Faxes. Pastikan BullZip PDF Printer tertera di situ.

3. Buka program dari tombol [Start] > [Programs] > [BullZip] > [PDF Printer] > [Options].Setelah boksprogram muncul dengan tab [General] terpilih klik tombol di sebelah kanan kotak PDF File Name. Tentukan lokasi penyimpanan file PDF. Kemudian klik tab [Document], isikan nama pembuat dokumen, dan tentukan kualitas dokumen PDF di menu “PDF Quality”.

4. Beralih ke tab [Watermark], isikan teks yang akan Anda tampilkan di dokumen PDF di kotak Text. Atur posisi, ukuran, dan transparansi teks di kotak Rotation, Size, dan Transparancy.

5. Klik tab [Security], lalu isikan password di kotak “Owner password” dan di kotak “User password”. Anda juga bisa mengeset proteksi agar dokumen tidak bisa dicetak secara sembarangan dengan membubuhi tanda centang di kotak [Set Permissions]. Setelah beres, klik [OK].

6. Buka dokumen yang akan Anda jadikan file PDF. Di sini, kami mencoba dari halaman website. Klik menu [File] > [Print]. Setelah muncul boks dialog Print, pilih BullZip PDF Printer, lalu klik [Print]. Selanjutnya akan muncul boks dialog BullZip PDF Printer – Create PDF. Di sini, Anda bisa mengatur ulang folder simpan dokumen. Selanjutnya, klik [Save].

7. Jika PC telah terinstal Adobe Reader, program ini secara otomatis akan tampil di layar membuka hasil konversi. Sebuah boks dialog Password akan tampil karena sebelumnya Anda telah mengeset proteksi. Ketikkan password yang telah dibuat tadi, lalu klik [OK]. Dokumen HTML tersebut kini telah berubah menjadi file PDF. Dengan aplikasi ini, Anda bisa lebih mudah berkirim dokumen, karena hampir semua PC telah ter-install aplikasi pembaca PDF.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: