Mendaftarkan Blog di Google

30 06 2009

Baru membuat blog? Sebaiknya anda mendaftarkan blog tersebut ke mesin pencari agar dapat (lebih cepat) dikenali dan ter-indeks dengan baik. Tujuannya untuk apa? Sederhana, agar orang dapat menemukan situs atau blog anda di mesin pencari.

Lalu, bagaimana caranya?  Beberapa mesin pencari telah menyediakan fasilitas untuk keperluan ini. Gratis – tanpa dipungut bayaran. Prosesnya pun mudah, tidak berbelit-belit. Kita akan memulainya dari mesin pencari Google.

Pertama, buat akun di Google Webmasters Tools. Bila sudah memiliki akun di GMail, anda tidak perlu membuat akun baru. Silahkan login.

Kedua, daftarkan blog. Di halaman muka terdapat kolom isian untuk memasukkan alamat blog. Tulis alamat blog anda lalu tekan tombol “Add Site“.

Ketiga, lakukan verifikasi. Google menyediakan 2 pilihan untuk verifikasi: (1) menyisipkan tag META pada dokumen HTML blog, (2) membuat file HTML.

Cara pertama: Sisipkan kode yang diberikan oleh Google ke dalam dokumen HTML (diantara tag <head> dan tag <body>). Pengguna WordPress dapat menyisipkan kode ini pada file yang bernama header.php dari theme yg aktif.

Cara kedua: Buat sebuah dokumen HTML dengan nama yang telah ditentukan oleh Google lalu meng-upload-nya ke server.

Keempat, daftarkan Sitemaps. Bila anda belum membuat sitemaps, silahkan buat terlebih dahulu. Pengguna WordPress dapat menggunakan plugin Google XML Sitemaps.

Selesai. Setelah ini, blog anda akan dikunjungi secara rutin oleh spiderbot dari Google. Anda juga dapat mendaftarkan website/blog anda di Yahoo Site Explorer.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: