Tujuh Kebiasaan Blogger yang Efektif

30 06 2009

Dengan jutaan blogger yang ada di luar sana, bagaimana anda dapat menjadi terkenal lewat blog anda? Untungnya, 95% dari blogger tidak tahu bagaimana caranya. Blogging adalah hal yang sederhana, namun bukanlah hal mudah. Pelajarilah kebiasaan yang diperlukan untuk menjadi blogger yang sukses.

Jangankan 7 kebiasaan, kebanyakan blogger bahkan tidak memiliki satupun kebiasaan tersebut. Mereka hanya memiliki beberapa posting yang membosankan, dan dengan tidak ada seorangpun yang membacanya, mereka akhirnya menelantarkan blog mereka.

1. Memiliki Sesuatu untuk Diceritakan

Blog terbaik adalah blog yang si penulisnya memiliki sesuatu yang menarik untuk diceritakan, apakah itu mengenai tanaman di kebun-nya, dukungan atas sebuah tim sepak bola, atau pemilihan seorang calon presiden. Katakan itu dengan semangat, katakan dengan perasaan dan di atas semuanya katakan sesuatu yang berbeda.

2. Proyeksikan Kepribadian Anda

Saat seseorang menemukan blog anda, mereka secara alami akan mencari tahu mengenai seseorang yang menulis blog tersebut. Mereka ingin mengetahui seperti apa rupa anda, di mana anda tinggal, dan siapa nama hewan peliharaan anda. Secara garis besar mereka ingin mengetahui persona anda.

3. Post Secara Reguler

Blogger yang sukses memiliki sticky blog. Itu berarti mereka memiliki pembaca regular yang kembali karena mereka memperlakukan konten anda bak sebuah candu. Untuk itu anda harus secara terus menerus memenuhi kebutuhan mereka dengan konten yang menarik.

4. Berhubungan dengan Blogger Lain

Buatlah blog dengan senyuman namun lakukan dengan wibawa. Apa yang inginkan adalah menarik perhatian pengunjung dan blogger lain dan membuat mereka menyukai anda dan menghormati anda. Janganlah takut untuk menjadi kontroversial. Tanyakan pengunjung anda sebuah pertanyaan. Cari jawabannya. Balaslah komentar mereka. Sanjung mereka bahwa mereka telah membuat kontribusi positif. Namun jika komentar mereka hanya akan membosankan pembaca lainnya, anda berhak menghapus: karena ini blog anda, anda bos-nya.

5. Optimisasi Blog Anda

Pertama, pikirkan siapa yang akan menemukan blog anda. Siapakah pengunjung ideal anda? Apa yang akan menjadi kata kunci mereka untuk menemukan anda?
Judul atau title anda adalah bagian terpenting dari posting anda. Ini adalah apa yang akan dibaca terlebih dahulu oleh manusia, ia adalah apa yang ditunjukkan oleh tampilan RSS, dan ia adalah cara search engine spider meng-indeks blog anda. Judul sebaiknya terdiri dari satu kata atau suku kata yang menjelaskan isi dari blog tersebut.
Kalimat kedua dan ketiga adalah elemen penting selanjutnya. Anda harus bisa mendapatkan perhatian mereka dan anda hanya memiliki delapan detik untuk melakukannya. Mulailah dengan sebuah pertanyaan atau pernyataan kontroversial. Buatlah kalimat ini sebagi gambaran keseluruhan dari isi posting anda.
Dan akhirnya, satu atau dua kalimat terakhir juga memegang peranan penting. Rangkum apa yang telah anda kemukakan, namun janjikan sesuatu yang lebih. Optimisasi tidak terdengar seksi, namun ini merupakan kebiasaan yang sangat efektif.

6. RSS

Banyak blogger memberikan perhatian lebih pada desain blog mereka, bukan pada tulisan atau kata – katanya. Ini merupakan sebuah kesalahan. RSS dapat menyatukan konten dari seluruh penjuru dunia hanya dalam hitungan detik, namun apa yang mereka tampilkan? Kata – kata bukan gambar. Di sini kata-kata lebih berperan, bukan gambar.

7. Teruskan Aktivitas Blogging Anda

Blogger sukses menemukan suara mereka dan suara ini sesuai dengan kepribadian mereka. Saat anda sudah merasa nyaman dengan persona anda, tidaklah sulit untuk menemukan sesuatu untuk dikatakan. Jadi teruskan aktivitas blogging anda. blogger yang paling efektif, kreatif, komunikatif, adalah mereka yang memiliki dorongan untuk menulis. Munculkan kebiasaan ini, maka anda dan blog anda akan bertumbuh.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: