Blank On Linux

2 07 2009

Blank On Linux

Blank On Linux

BlankOn 4 adalah Sistem operasi berbasis Linux yang berisi piranti lunak terbuka dan bebas untuk laptop, desktop dan server.

BlankOn adalah distro Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) secara terbuka dan gotong-royong bersama komunitas Linux lainnya di Indonesia. BlankOn 4 ( Code name Meuligoe) merupakan turunan distribusi Linux Ubuntu 8.10 (Interprid Ibex).

Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn 4 mendukung multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd, serta memiliki tema atau tampilan grafis yang khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka dalam forum publik. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali setahun.

Sepenuhnya bebas biaya


BlankOn merupakan piranti lunak bebas, tersedia bagi anda bebas biaya. BlankOn juga bebas dalam artian memberikan hak kebebasan/kemerdekaan piranti lunak pada anda. Kebebasan untuk menjalankan, menyalin, mendistribusikan, mempelajari, membagi, mengubah dan memperbaiki piranti lunak yang anda gunakan untuk tujuan apapun, tanpa harus membayar biaya lisensi.

Cepat dan mudah diinstall

Installer BlankOn 4 hanya menanyakan sedikit pertanyaan, default yang ada dapat bekerja bagi sebagian besar orang. Instalasi biasanya memakan waktu kurang dari 25 menit dan sekarang dapat dilakukan langsung melalui installer BlankOn dengan mudah. Selain itu, BlankOn mendukung upgrade lewat jaringan, sehingga anda tidak harus menginstal ulang sistem operasi, cukup upgrade dari tiap versi yang dirilis ke versi berikutnya jika anda menginginkannya.

Berguna dengan cepat

Segera setelah anda menyelesaikan instalasi BlankOn, sistem anda dapat langsung digunakan. Tampilan yang ada memberikan anda lingkungan desktop yang baik secara default, dengan banyak aplikasi untuk bisnis, pengguna rumahan dan pribadi. Anda memiliki kumpulan lengkap aplikasi produktivitas, internet, grafis, dan permainan. Selain itu terdapat ribuan aplikasi yang dapat terinstal hanya dengan beberapa klik.

Dukungan bahasa dan aksesibilitas

BlankOn mendukung penuh Bahasa Indonesia untuk memudahkan pengguna umum komputer di Indonesia. BlankOn juga memasukkan fitur teknologi pemandu untuk membuat Sistem Operasi ini dapat digunakan oleh sebanyak mungkin orang. Termasuk didalamnya tema yang sederhana, kaca pembesar untuk layar, pembaca layar, dan keyboard pada layar yang semuanya dapat digunakan sejak boot dari LiveCD (jika anda menggunakan LiveCD). Dari sesi live, BlankOn dapat diinstal ke harddisk.

Rilis yang rutin dan terprediksi

Tim BlankOn merilis versi anyar tiap enam bulan (mengikuti rilis ubuntu) yang berisi kernel, X, GNOME terbaru dan aplikasi lainnya, dan didukung dengan update keamanan selama 18 bulan (1,5 tahun). Anda bisa mendownload file ISO dan membakarnya sendiri atau membeli pada toko-toko penyedia linux terdekat.

Berpartisipasi dalam komunitas

Setiap pengguna BlankOn 4 dapat berpartisipasi dalam komunitas BlankOn. Ada berbagai tingkat partisipasi, dari memberikan saran bagi pengguna BlankOn lainnya hingga menjadi pengelola paket inti.

BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku / budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), Madura, Bali, dan lain-lain. Dari asal kata ini BlankOn diharapkan dapat menjadi pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap piranti lunak sumber tertutup.

BlankOn juga berarti Blank (bilangan biner 0) dan On (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno). Arti kata lain BlankOn adalah perubahan dari Blank (kosong) menjadi On (menyala atau berisi).

Pemilihan  nama BlankOn untuk distribusi ini dengan harapan agar pengguna BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keterampilan di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia. BlankOn diharapkan dapat menjadi penggerak atau peningkat motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux

Blankon menghadirkan sebuah Sistem Operasi Komputer yang ramah bagi pengguna Komputer masyarakat Indonesia dengan segudang paket Aplikasi siap pakai yang lengkap. Versi ini merupakan versi perbaikan dari rilis sebelumnya yaitu, Meuligoe 4.0 dan merupakan rilis terbaru dari Blankon setelah sebelumnya hadir dalam Versi BlankOn 3 Lontara, rasanya tidak nampak perubahan yang kasat mata. Blankon tetap hadir bagus dan menawan. Bagi anda yang menginginkan sebuah sistem Operasi komputer yang murah dan legal, Blankon merupakan sebuah pilihan yang tepat.

Mari kita dukung penggunaan Perangkat lunak legal, bebas dan terbuka, Linux itu Indah, Mudah dan Halal. Selamatkan Devisa Negara dengan menggunakan perangkat Lunak legal, bebas dan terbuka.

Berikut ini beberapa screen shoot desktop saya ketika menggunakan Meuligoe


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: