Cara Tampilkan Fotomu Saat Komentar di Blog

31 07 2009

Kalau kau sering membaca weblog atau situs blog, hampir pasti kau pernah melihat foto wajah pembaca yang menuliskan komentarnya di blog. Kau pun bisa menampilkan foto wajahmu setiap komen di blog, meskipun kau bukan blogger/tidak punya blog sendiri. Caranya sangat mudah dan gratis. Umumnya situs berjenis weblog mengaktifkan fitur foto pada kolom komentarnya. Sebaliknya, kebanyakan situs berjenis website, termasuk portal berita, tidak akan menampilkan foto komentator. Jika selama ini kau belum mendaftarkan/mengupload foto dirimu untuk komentar, maka biasanya yang muncul sebagai pengganti fotomu adalah gambar dengan garis-garis acak berwarna-warni seperti contoh di sebelah kiri paragraf ini.
Cara membuat foto komentar
Foto komentator itu biasa disebut sebagai avatar atau gravatar [globally recognized avatar]. Cara membuatnya:
• Kunjungi situs Gravatar
• Klik Sign-Up di situs tersebut untuk mendaftar, ikuti prosedurnya.
• Ketika diminta email, maka berikanlah alamat emailmu yang benar [jangan palsu] dan email itulah yang akan kaupakai setiap menulis komentar di blog manapun.
• Kau akan diminta mengupload atau memasukkan fotomu. Kalau kau sudah punya foto berdimensi kotak, seperti 60×60 piksel, akan lebih bagus bila itu yang kauunggah ke Gravatar.
• Bila pihak Gravatar mengirim email konfirmasi dan kau tidak melihatnya di kotak inbox emailmu, coba cek di kotak spam, karena terkadang nyasar ke sana.
Tidak sampai hitungan berjam-jam, bila foto avatarmu sudah aktif, maka saat kau menulis komentar di Blog Berita atau di situs blog lain di belahan dunia manapun, maka fotomu akan nongol — sepanjang situs itu mengaktifkan fitur gravatar.
Tips
Jangan lupa, supaya foto avatarmu itu muncul saat kau menulis komentar, maka alamat emailmu pada kotak komentar haruslah sama dengan email yang kaupakai saat mendaftarkan avatar tadi. Jika berbeda, fotomu itu tidak akan muncul. [Blog pada umumnya mewajibkan komentator menuliskan nama dan alamat email, sedangkan URL/alamat situs tidak wajib diisi.]
Ketika mendaftarkan fotomu di situs Gravatar, pilih kategori atau rating “G”, karena settingan inilah yang umumnya dipakai/diloloskan oleh situs blog.


Aksi

Information




%d blogger menyukai ini: