PC ROUTER

3 05 2010

 

Dengan semakin berkembangnya Teknologi Informasi ( IT ) dan semakin meningkatnya kebutuhan komunikasi global, sehingga diperlukan pengetahuan tentang Teknologi Informasi itu. Komunikasi data, dalam hal ini komunikasi data online tentunya sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya. Perusahaan atau organisasi sangat membutuhkan suatu sarana yang dapat membantu dalam berkomunikasi antara satu dengan lainnya, maka dari itu dibutuhkan teknologi komunikasi data agar satu sama lain dapat saling berhubungan guna menjalankan dan mengembangkan usahanya. Teknologi Informasi terutama yang berhubungan dengan informasi global banyak dibutuhkan oleh masyarakat sekarang ini . Untuk membuat suatu Local Area Network diperlukan suatu router yang digunakan untuk menghubungkan beberapa PC dalam suatu jaringan yang luas.Untuk lebih meringankan biaya pengadaan router yang harganya reltif mahal maka sebuah router dapat dibangun dari sebuah Personal Computer ( PC ) dengan menggunakan operating sistem tertentu sehingga biaya yang digunakan untuk membanguan suatu jaringan luas bisa lebih ringan dan lebih bisa ditekan sehingga pembangunan sebuah jaringan luas tidak dikejar biaya yang mahal. Alat yang akan dibangun dalam hal ini PC Router mempunyai banyak keunggulan dibanding bila membeli alat yang langsung jadi dari pabrik. Disamping harganya lebih mahal bila terjadi kerusakan akan lebih sulit dalam memperbaikinya. Tetapi dengan menggunakan PC Router maka lebih murah dan perbaikannya juga lebih mudah. Dan kita dapat membuatnya sendiri untuk mempraktekkan teori-teori yang diberikan pada saat pelajaran di sekolah. Dengan penggunaan PC sebagai router maka kita dapat memanfaatkan PC yang ada yang tidak memerlukan spesifikasi yaang tinggi untuk dapat digunakan sebagai router. Router yang dibangun dengan PC lebih mudah dalam maintenance dibandingkan dedicated router karena struktur fisik dedicated router cukup rumit. Dengan penggunaan PC sebagai router maka maintenance akan menjadi lebih mudah sehingga pada nantinya akan dapat dibafngun jaringan luas yang baik dan terute dengan baik sehingga komunikasi dan pengiriman paket data antar jaringan dapat berlangsung dengan baik.

MENGENAL PC ROUTER

Mengenal Router

Router juga dapat diartikan sebagai perangkat keras yang memfasilitasi transmisi paket data melalui jaringan komputer, mengatur lalu lintas data sehingga data dari satu host dalam sebuah segmen jaringan dapat ditransfer ke host lainnya pada segmen yang berbeda denagn baik, pada intinya dengan router dapat mengatur dan menjembatani transfer data antar 2 segmen jaringan yang berbeda. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua jaringan atau lebih jaringan untuk memneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch karena switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membangun LAN. Ilustrasinya switch merupakan jalanan, dan router adalah penghubung antar jalanan. Router banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, router jenis ini sering disebut sebagai IP Router. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router. IP router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar yang disebut internetwork. Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanana telekomunikasi misalnya telekomunikasi leased line atau DSL. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adabya broadcast storm yang mampuu memperlambat kinerja jaringan.

Pengertian PC Router

Istilah PC Router bila kita lihat berasal dari dua kata yaitu PC dan Router. PC ( Personal Computer ) adalah sebuah perangkat set komputer yang berupa alat komputasi yang umum kita gunakan dalam kehidupan untuk membantu kita dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan persoalan yang kita hadapi dalam kehidupan sehari – hari. Sedangkan Router adalah perangkat yang digunakan untuk merutekan jalur data antar network, mengatur lalu lintas jalur data antar network sehingga proses transfer data dapat berlangsung dengan baik dari jaringan satu ke jaringan lainnya. Router ini akan menentukan jalur terbaik dalam proses transfer data, mencari jalan terbaik sehingga data dari host suatu jaringan akan terkirim dan sampai dengan baik pada host lainnya yang berada pada segmen jaringan yang berbeda. Router juga dapat diartikan sebagai perangkat keras yang berfungsi untuk memfasilitasi transmisi paket data melalui jaringan komputer. Dari pengertian PC dan Router yang sudah disampikan tersebut dapat dikatakan bahwa PC Router adalah perangkat pengatur lalu lintas data antar segmen jaringan yang berbeda dengan memanfaatkan Personal Computer sebagai device atau alatnya. Dengan perkataan lain PC Router adalah PC yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memiliki fungsi layaknya sebuah router yang mengatur lalu lintas data. Dengan penggunaan PC sebagai router jaringan, maka kita dapat memanfaatkan PC yang tidak perlu spesifikasi yang tinggi sebagai router sehingga kita dapat menekan biaya, dibandingkan dengan pembelian dedicated router yang digunakan sebagai router, selain harganya relatif mahal, juga maintenance terhadap jenis router ini cukup sulit.

Kelebihan dan Kekurangan PC Router

PC yang digunakan sebagai router memilki kelebihan dan juga kekurangan. Secara singkat dapat saya sampaikan sebagai berikut.

Kelebihan

ü Lebih murah dalam hal biaya bila dibandingkan harga router original.

ü Mudah dalam penyetingan dan konfigurasi router.

ü Mudah dalam penambahan fitur baru.

ü Multifungsi artinya dapat berfungsi sebagai sebagai router atau PC.

ü Maintenance atau perawatan router lebih mudah seperti merawat PC biasa.

ü Hemat biaya karena tidak perlu membeli dedicated router.

ü Dapat diinstal sistem operasi yang memang khusus didesain untuk router.

ü Sistem yang digunakan dapat berbasis Windows atau Linux/ Unix.

ü Dapat berperan ganda sebagai PC biasa selain router bila memakai WinRoute.

Kekurangan

ü Pilihan koneksinya terbatas tergantung jumlah network card dan slot PCI yang tersedia.

ü Kestabilan kerja tidak sebaik dedicated router.

ü Bila device komputer mengalami masalah maka router dalam jaringan tidak akan berfungsi.

ü Ada harga ada kinerja, berbeda dengan dedicated router yang mahal semisal Cisco yang neniliki kestabilan kerja yang tinngi.

ü Dengan peran ganda yang diemban router, maka kinerja PC router akan menjadi berat.

Membuat PC Router Dengan Linux

Membuat atau mengubah PC sebagai Router biasanya harus dilakukan beberapa tahap konfigurasi untuk membangun PC Router. Tahap awal setelah device komputer disertai LAN card minimal dua buah telah terpasang pada mainboard di slot PCI, selanjutnya adalah menginstal sistem operasi yang digunakan sebagai router. Sistem operasi yang digunakan sebagai router sesungguhnya cukup banyak, terutama sistem operasi yang berbasis Linux/ UNIX. Beberapa sistem operasi Linux / UNIX yang biasanya digunakan sebagai router adalah FreeBSD, PFSense, Mikrotik, Ubuntu, dan aplikasi basis Wiindows Winroute. Selanjutnya akan disampaikan konfigurasi PC Router pada beberapa OS yang umum digunakan.

Membangun PC Router Menggunakan FreeBSD

Untuk membuat PC Router dengan FreeBSD terlebih dahulu kita harus mengumpulkan informasi mengenai skema alamat logikal dari jaringan yang ada. Sebagai contoh kita
asumsikan jaringan yang ada memiliki:
IP Addres Public = 210.100.12.130
IP Addres LAN = 192.168.12.65
Alamat jaringan LAN = 192.168.12.64 / 26

Router yang dibuat akan dilengkapi dengan Firewall menggunakan pf pada FreeBSD.
Jika menginginkan menggunakan iptables seperti pada Linux, kita dapat menggunakannya dengan menginstalasi iptables dari source.

Langkah-langkah pembuatan:

ü Siapkan komputer beserta 2 kartu jaringan yang telah terinstal sistem operasi FreeBSD.

ü Selanjutnya, karena dalam default kernel FreeBSD yang baru terinstal tidak
terdapat opsi tambahan untuk router maka kita harus mengkompilasi
ulang kernel. Tujuannya selain untuk memasukkan opsi-opsi yang dibutuhkan juga untuk merampingkan kernel sehingga dapat mempercepat waktu loading, menghemat memori. Langkah-langkah kompilasinya:
a. Salin file GENERIC kernel pada sebuah file dengan nama baru misal ROUTER dan edit file tersebut menggunakan teks editor.
# cd /usr/src/sys/i386/conf
# cp GENERIC ROUTER
# ee ROUTER
b. Dalam mengedit file ROUTER, ganti baris "ident" dengan nama kernel yang
baru (sesuaikan dengan nama file tentunya). Hilangkan opsi-opsi yang tidak
diperlukan, namun hati-hati bila belum begitu tahu dengan apa yang
opsi anda hilangkan. Kemudian tambahkan opsi :
#-mulai#
options ALTQ
options ALTQ_CBQ
options ALTQ_RED
options ALTQ_RIO
options ALTQ_PRIQ
options ALTQ_HFSC
options ALTQ_NOPCC
device pf
device pflog
device pfsync
#selesai-#
Kemudian simpan konfigurasi tersebut.
c. Lakukan kompilasi kernel baru. Perintahnya:
# config ROUTER

ü Akan ditunjukkan direktori untuk memproses kompilasi. Apabila terdapat
kesalahan sintaks,kita dapat memperbaiki pada file ROUTER.
# cd ../compile/ROUTER
# make depend && make && make install

ü Apabila terjadi kegagalan kompilasi, sebelum memeriksa file ROUTER kita
diharuskan memberikan perintah
# make cleandepend

ü Jika kompilasi berhasil, kita dapat menggunakan kernel yang baru setelah komputer di-reboot, setelah konfigurasi selesai.

ü Atur IP forwarding
# ee /etc/sysctl.conf kemudian tambahkan baris:
net.inet.ip.forwarding=1 lalu simpan konfigurasi tersebut.

ü Untuk konfigurasi opsi jaringan, NAT serta pf pada sistem, edit file /etc/rc.conf .
# ee /etc/rc.conf

ü Atur atau tambahkan baris:


#-mulai#

router_enable="YES"
pf_enable="YES"           # Enable PF (load module if required)
pf_rules="/etc/pf.conf"   # rules definition file for pf
pf_flags="-q"             # additional flags for pfctl startup

#selesai-#

ü

Pengaturan NAT serta pf, ada pada file /etc/pf.conf .

# ee /etc/pf.conf

ü Aktifkan interface serta NAT:

ext_if="rl0" # jaringan publik

int_if="rl1" # jaringan lokal

internal_net="192.168.12.64/26"

external_addr="210.100.12.130"

nat on $ext_if from $internal_net to any -> $external_addr

pass on $int_if from any to any

ü Setelah selesai simpan konfigurasi.

ü Ketikkan perintah:

# /etc/netstart

ü Konfigurasi untuk PC Router FreeBSD telah selesai, agar komputer dapat mengenali konfigurasi yang baru, reboot atau restart terlebih dahulu. Kemudian untuk mengetes koneksi dapat kita coba pada router atau client dengan perintah ping. Selanjutnya dapat kita tambahkan DHCP server yang umum terdapat pada router.

ü Untuk PC router menggunakan sistem operasi Linux lainnya cara yang dilakukan pada dasarnya hampir sama karena memiliki fungsi yang sama. Misalnya Mikrotik sebagai PC router setelah diinstal untuk konfigurasinya menggunakan windows management yaitu Winbox sehingga kita bisa konfigurasi router dengan basis graphic.


Aksi

Information

One response

18 05 2010
Syamsul Rizal

Tulisannya mantap dan bermanfaat.
ada yang ingin saya tanyakan tentang konfigurasi Winroute sebagai router.
deskripsi
ethernet1 192.168.1.10 ke adsl 192.168.1.1
ethernet2 192.168.10.1 ke lan 1 192.168.10.2
ethernet3 192.168.100.1 ke lan 2 192.168.100.2

lan1 udah bisa connect ke internet
lan2 blum bisa connect ke internet
lan2 gak bisa ping ke router
ping dari lan2 ke lan2 juga gak bisa.
share data dari lan1 dan lan2 juga gak bisa

mohon bantuannya ya mas…

Salam.




%d blogger menyukai ini: